Inilah Ponsel Pertama Yang Menggunakan Snapdragon 670

0

Ponsel.id – Memiliki performa layaknya chipset Snapdragon yang digunakan di seri smartphone flagship, benarkah OPPO R13 dan R13 Plus bakal menjadi smartphone pertama yang mengusung chipset Snapdragon 670?

Sebagai salah satu produsen smartphone terlaris di tahun 2017, OPPO terus berusaha untuk menghadirkan seri ponsel terbaik untuk memuaskan para pengguna setianya. Rumor terbaru menyebutkan jika perusahaan asal China tersebut sedang mengembangkan dua buah smartphone suksesor OPPO R11 dan R11 Plus yang dirilis tahun lalu. Kabar ini semakin menguat ketika dua buah smartphone OPPO dengan nomor model PAAT00 dan PAAM00 muncul di website 3C certification.

Ponsel Pertama Yang Menggunakan Snapdragon 670

Dari informasi yang ada pada website tersebut, smartphone terbaru OPPO ini diketahui sudah mendukung teknologi fast charging 20W. OPPO sendiri memang sudah biasa membenamkan teknologi fast charging yang bernama VOOC, pada ponsel seri R, sehingga kemungkinan besar nomor model PAAT00 dan PAAM00 ini merupakan seri R13 dan R13 Plus.

Sebagai informasi, OPPO R11 dan R11 Plus tahun lalu dirilis dengan gimmik sebagai ponsel yang pertama kali menggunakan cipset Qualcomm Snapdragon 660. Chipset yang dibuat khusus untuk smartphone menengah ini sudah dilengkapi dengan custom core Kyro dengan arsitektur 64-bit, layaknya chipset seri Snapdragon 800 yang banyak dipakai untuk Smartphone flagship.

Kemungkinan besar OPPO juga akan melakukan langkah serupa pada seri R13 dan R13 Plus ini, yakni dengan memberi label sebagai smartphone pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 670.

Qualcomm sendiri belum merilis chipset Snapdragon 670 ini secara resmi, akan tetapi menurut informasi dari beberapa sumber Snapdragon 670 ini akan menjadi chipset kelas menengah pertama yang menggunakan teknologi 10nm FinFET.

Teknologi pemrosesan tersebut juga ditemukan pada chipset Exynos 9810 dan Snapdragon 845 yang saat ini biasa ditemukan pada smartphone flagship. Informasi lain juga menyebutkan jika Snapdragon 670 akan memadukan enam inti CPU Cortex-A55 yang memiliki performa super efisien dengan dua inti CPU Cortex-A75 yang memiliki performa garang, untuk kartu grafisnya sendiri menggunakan Adreno 615 dan dukungan modem Qualcomm gigabit.

Hasil Benchmark

Berdasarkan hasil benchmark di aplikasi Geekbench, pada pengujian single-core chipset ini berhasil mendapatkan skor 1.845, sedangkan untuk pengujian multi-core chipset ini berhasil mendapatkan skor 5.215.

Selain informasi mengenai dapur pacunya, OPPO R13 dan R13 Plus ini juga diketahui akan dibekali RAM 4GB dengan penyimpanan internal 64GB dan RAM 6GB dengan penyimpanan 128GB, ponsel ini juga akan mengusung desain layar full screen dengan notch ala iPhone X, sedangkan untuk keamanannya ponsel pintar ini akan dibekali dengan sensor fingerprint yang sudah terintegrasi dengan layar serta fitur sensor pengenal fajah untuk membuka kunci smartphone.

Dengan dukungan chipset Snapdragon 670 yang sudah mengusung teknologi 10nm FinFET serta berbagai fitur diatas, tentu kehadiran OPPO R13 dan R13 Plus ini sangat layak untuk dinantikan oleh penggemar ponsel OPPO. Apalagi saat ini belum banyak smartphone yang mengusung tampilan layar yang sudah mendukung notch, ini akan menjadi salah satu nilai jual dari kedua smartphone ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here