Perbedaan Chipset Ponsel: HiSilicon, Snapdragon dan Exynos

0
Ponsel.id chipset
Ponsel.id chipset

Ponsel.id – Banyaknya vendor smartphone yang mulai bermunculan saat ini membuat persaingan smartphone di kelas menengah semakin ketat. Bahkan vendor ini tidak hanya berlomba-lomba menawarkan produk unggulan dari smartphonenya. Salah satu yang sering menjadi perbincangan di kalangan masyarakat adalah perbedaan chipset.

Mengapa chipset sering dibahas oleh kebanyakan masyarakat pecinta smartphone? Sebab, chipset merupakan salah satu komponen smartphone dimana dari sinilah Anda bisa mengetahui kemampuan smartphone. Salah satu chipset yang saat ini banyak digunakan pada smartphone kelas menengah adalah Qualcomm Snapdragon.

Namun, tidak hanya itu saja, masih ada lagi jenis chipset seperti HiSilicon Kirin dan juga Samsung Exyson. Sebenarnya apa Perbandingan kelebihan chipset HiSilicon Kirin, Qualcomm Snapdragon dan Samsung Exynos? Untuk Anda yang ingin tahu kejelasan dari Perbandingan kelebihan chipset HiSilicon Kirin, Qualcomm Snapdragon dan Samsung Exynos simak selengkapnya di bawah ini.

HiSilicon Kirin vs Qualcomm Snapdragon vs Samsung Exynos

 

1. Qualcomm Snapdragon

Snapdragon menjadi salah satu chipset yang sedang naik daun karena digunakan pada vendor smartphone yang biasa dijual murah namun dengan hasil yang mengesankan. Hal ini juga yang menjadikan chipset ini menjadi buah bibir masyarakat.

Tidak sampai disitu saja, Snapdragon 636 juga sudah dilengkapi dengan Octa-core yang berbasis Kryo 260 dimana hal ini membuatnya memiliki clocking hingga 1.8 GHz. Sedangkan pada komponen GPUnya, Qualcomm Snapdragon lebih mengandalkan Adreno 509.

Untuk bagian kamera, resolusi kamera yang ditawarkan Snapdragon juga mumpuni yakni 14-bit Qualcomm Spectra 160 IPS yang mampu mendukung kamera hingga resolusi 16 MP. Sedangkan untuk dual kamera hingga mencapai 24 MP dalam mode single kamera.

Dilihat dari kemampuannya, maka sudah bisa diprediksi bahwa chipset Snapdragon bukanlah chipset yang biasa-biasa saja. terlebih lagi jika melihat produk yang ditawarkan memiliki spesifikasi yang mengesankan.

2. HiSilicon Kirin

Selain Qualcomm Snapdragon, ada lagi chipset yang bisa Anda bandingkan yakni HiSilicon Kirin. Chipset ini memiliki kemampuan yang mumpuni jika dibandingkan dengan Qualcomm Snadpragon.

Dilihat dari segi pabrikannya saja, HiSilicon Kirin lebih unggul karena bekerja dalam proses pabrikasi 12nm. Dari keunggulan yang dimiliki inilah yang membuat chipset ini lebih hemat baterai.

Sedangkan pada bagian CPUnya Kirin menggunakan CPU 4 anti ARM Cortex-A73 dengan kemampuan clocking hingga 2.2GHz dan 4 inti lainnya ARM Cortex-A53 dengan clocking 1.7GHz. kemampuan ini juga didukung dengan update terbaru dari fitur Gpu Turbo yang membuat performa smartphone dari Kirin semakin sempurna.

Untuk layar juga HiSilicon Kirin menawarkan layar yang lebih menarik karena resolusinya adalah Full HD+ 2340 x 1080 Pixel. Sayangnya untuk masalah kamera Kirin lebih rendah jika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon.

3. Samsung Exynos

Mendengar namanya saja tentunya Anda sudah paham jika chipset ini digunakan oleh vendor Samsung. Tepat pada tahun 2018 ini, Samsung mengeluarkan chipset terbarunya yang masuk dalam seri 9 Exynos.

Baca juga:6 Alasan Beli Samsung Galaxy S8 di Tahun 2021

Chipset ini menawarkan sederet teknologi canggih dan mumpuni. Misalnya saja seperti kemampuannya dalam transfer data yang ekstra cepat dengan menggunakan enhanced LTE modem.

Tidak sampai disitu saja, Exynos juga memiliki kemampuan deep learning dan topnoch image processing. Hal ini yang memungkinkan smartphone Samsung yang menggunakan chipset ini mampu mendeteksi wajah melalui scan wajah 3D.

Chipset ini juga sangat handal, sebab mampu berjalan dengan kecepatan 2,9 GHZ.
Sedangkan fitur lain yang ditawarkan oleh Samsung Exynos adalah 256-Quadrature Amplitude Modulation scheme, 4×4 MIMO, serta multi-format codec (MFC) yang bisa digunakan untuk merekam video 4K secara stabil, dengan kemampuan fokus kamera yang andal serta dapat digunakan untuk mengambil gambar dalam keadaan low-light dengan hasil yang berkualitas.

Ponsel.id chipset
Ponsel.id chipset

Dari ketiga Perbandingan kelebihan chipset HiSilicon Kirin, Qualcomm Snapdragon dan Samsung Exynos di atas, manakah yang menurut Anda paling unggul? Kalau menurut mimin si semua chipset di atas memiliki keunggulannya masing-masing. Karena dimana ada kekurangan di situlah ada kelebihan yang akan saling melengkapi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here