Jenis Baterai Pada Ponsel, Laptop dan Arloji

0
Jenis-jenis Baterai
Jenis-jenis Baterai

Baterai merupakan salah satu hasil kecanggihan teknologi yang mampu menghasilkan listrik hanya dengan tenaga kimia. Dengan begitu, listrik bisa menyala tanpa harus tersambung pada tegangan listrik. Sejak pertama diciptakan hingga saat ini, ada banyak jenis baterai yang biasa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Seperti baterai mainan, HP, arloji, dan sebagainya.

Pengertian Baterai

Pengertian Baterai
Pengertian Baterai

Secara istilah baterai merupakan benda atau alat yang mengandung beberapa sel kimia yang diciptakan untuk menghasilkan listrik tanpa terhubung dengan tegangan listrik. Proses kerjanya adalah dengan mengalirkan elektron dari terminal negatif menuju terminal positif melalui rangkaian listrik eksternal.

Karena sifat energi ini mengalir dari tegangan tinggi ke rendah, maka akan mengalirkan energi listrik yang dibutuhkan oleh benda-benda elektronik.

Jenis-jenis Baterai

Jenis-jenis Baterai
Jenis-jenis Baterai

Secara umum baterai bisa dibedakan menjadi 2, yakni baterai primer dan baterai sekunder. Baterai primer adalah baterai yang hanya bisa digunakan sekali, jika tegangannya habis maka baterai tidak bisa digunakan lagi.

Baca juga: Rekomendasi HP Baterai Besar Terbaik dan Murah

Sementara itu, baterai sekunder bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Jika tenaga listrik yang disimpan habis, bisa di isi ulang kembali dengan menghubungkannya langsung pada tegangan listrik.

Jenis-jenis Baterai HP

Seiring perkembangannya, baterai HP semakin banyak jenisnya dan terus melengkapi kekurangan baterai keluaran sebelumnya. Macam-macam baterai untuk ponsel di antaranya :

1.NiCd

Baterai ini tergolong sangat kuno dan hanya digunakan oleh HP zaman dahulu. Karena bentuknya yang besar dan tidak praktis, saat ini tidak ada lagi yang menggunakan baterai tipe ini.

2.LiFe

Life atau Lithium Iron Phosphate merupakan baterai yang terbilang cukup canggih. Namun jarang digunakan karena harganya sangat mahal. Hal ini dipengaruhi oleh bahan utamanya yang menggunakan okside kobalt.

3.Li ion

Li Ion (Lithium Ion) adalah jenis baterai HP yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Hal ini disebabkan karena sifat baterai yang lebih tahan lama dibandingkan tipe baterai lainnya. Bahkan bisa diisi ulang berkali-kali dengan kualitas baterai yang sama seperti saat pertama diciptakan.

4.Li Po (Lithium Polymer)

Sesuai namanya, baterai ini mengandung elektronik polimer yang sifatnya tidak cair. Karena dibuat untuk menyempurnakan baterai sebelumnya, tidak heran jika LiPo memiliki banyak keunggulan seperti bebas ledakan dan memiliki bobot ringan.

Jenis-jenis Baterai Laptop

Jenis-jenis Baterai Laptop
Baterai Laptop

Jenis-jenis baterai laptop hampir sama dengan baterai HP karena keduanya menggunakan tipe baterai yang bisa diisi ulang. Beberapa tipe baterai yang sering digunakan pada laptop adalah :

  1. Li ion

Keunggulan baterai Li ion pada laptop sama dengan yang ada dalam HP Android. Namun, perbedaannya terletak pada kapasitasnya yang tentunya jauh lebih besar. Baterai ini terbilang cukup ringan dan bebas dari kandungan zat racun yang membahayakan.

  1. NIMH

Merupakan singkatan dari Nickel Metal Hydride. Baterai jenis ini setingkat lebih rendah dibandingkan Li ion jika melihat dari kapasitasnya. Sayangnya baterai NIMH mudah rusak jika digunakan pada temperatur yang sangat ekstrim.

  1. Ni Cd

Baterai NiCd atau Nickel Cadmium merupakan baterai bersejarah karena digunakan sejak pertama kali muncul laptop. Namun karena bobotnya yang berat serta mengandung zat Cadmium yang beracun, baterai ini sudah tidak pernah digunakan lagi pada laptop keluaran terbaru.

Jenis-jenis Baterai Jam Tangan

Jam tangan atau arloji juga memiliki baterai yang berbeda antara yang satu dengan lainnya. Jenis-jenis tersebut meliputi :

  1. Oksida Perak

Baterai jenis ini menggunakan bahan perak dalam pembuatannya. Energi yang terkandung di dalamnya cukup tinggi, namun sangat ringan dan tahan lama.

  1. Lithium

Daya listrik pada baterai jam jenis lithium terbilang sangat besar, karena mencapai 3 volt. Karena tegangan yang terlalu tinggi, baterai ini bisa mengurangi masa pakai jam yang digunakan.

  1. Alkalin

Baterai alkalin memiliki daya yang sangat rendah, yakni 1,5 volt. Tidak heran jika jam yang menggunakan baterai alkalin akan cepat habis.

  1. Baterai Merkuri

Dari namanya dapat diketahui bahwa jenis baterai ini mengandung merkuri berbahaya di dalamnya. Namun kelebihannya terletak pada tegangannya yang tetap stabil saat digunakan. Baterai merkuri memiliki tegangan 1,36 volt.

  1. Baterai Sel Surya

Sel surya adalah tenaga listrik yang paling hemat biaya karena hanya memanfaatkan tenaga matahari. Di dalamnya tidak mengandung bahan kimia, karena listrik yang dialirkan pada jam berasal dari tenaga matahari yang diubah menjadi listrik melalui teknologi sel surya.

Jenis Baterai yang Bisa Dicas

Baterai yang Bisa Dicas
Baterai yang Bisa Dicas

Dari beberapa jenis dan tipe baterai yang sudah dijelaskan sebelumnya, dapat ditemukan beberapa macam baterai yang bisa di cas atau isi ulang. Mulai dari yang digunakan untuk laptop, ponsel, ataupun alat elektronik lainnya. Jenis-jenisnya adalah :

  • Li Po, yakni satu-satunya baterai yang menggunakan bahan polimer.
  • Li Ion, merupakan baterai yang paling banyak digunakan karena ringan dan murah.
  • Ni Mh yang memiliki kapasitas cukup baik dan banyak digunakan pada kamera
  • Ni Cd, yaitu baterai yang terbuat dari bahan elektronik.
  • Lead Acid, biasa disebut aki yang ada pada kendaraan dengan kapasitas mencapai 12 volt.

Banyaknya jenis baterai yang beredar bisa menjadi pilihan Anda untuk memilih elektronik yang tepat dengan baterai berkualitas. Caranya dengan melihat keamanannya serta besarnya tegangan yang dikeluarkan tanpa merusak elektronik yang dimiliki. Dengan begitu, elektronik yang dimiliki tetap bisa digunakan dengan nyaman.