spot_img
Wednesday, May 15, 2024
spot_img
HomeAdvertorialInvestasi di Surat Berharga Negara, Memang Bisa?

Investasi di Surat Berharga Negara, Memang Bisa?

-

Apakah Anda sudah memutuskan untuk berinvestasi? Kalau iya, Anda perlu tahu dulu apa saja jenis instrumen investasi untuk membantu memilih yang cocok untuk Anda. Salah satunya adalah Surat Berharga Negara alias SBN. Bahkan, instrumen investasi yang satu ini tengah populer di masyarakat.

SBN sendiri adalah sebuah instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah tiap tahun. Dengan membeli instrumen investasi yang satu ini, Anda dan masyarakat umum lainnya dapat menjadi pemodal untuk membantu pemerintah dalam pelaksanaan program pembangunan negara. Tentunya, Anda juga bisa mengelola serta mengembangkan dana lewat investasi.

Cara Membeli SBN

Secara garis besar, Anda bisa membeli SBN secara offline maupun online. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Offline

offline
offline

Pada dasarnya, Anda hanya perlu mendatangi lembaga keuangan resmi terdekat di kota Anda. Lembaga tersebut harus sudah didaftarkan ke OJK dalam penjualan SBN, yang kemudian dikenal sebagai platform tepercaya.

Platform tersebut yang ditunjuk ini bisa jadi bank ataupun perusahaan efek. Pada dasarnya, mayoritas bank nasional di Indonesia sudah resmi dan legal sehingga Anda dijamin tidak akan kesulitan untuk mengakses layanan pembelian SBN. Misalnya seperti Mandiri Sekuritas yang memungkinkan Anda untuk membeli SBN tanpa ribet.

2. Online (e-SBN)

online
online

Untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan pembelian SBN, pemerintah membuat platform bernama e-SBN. Melalui platform ini, masyarakat pun bisa membeli SBN dengan mudah lewat internet. Tak hanya itu saja, e-SBN juga dapat Anda akses melalui smartphone maupun perangkat desktop (PC atau laptop) asal terhubung dengan internet.

Dan untuk semakin mempermudah masyarakat, pemerintah juga mengajak berbagai perusahaan sekuritas bekerjasama dengan platform-platform yang melayani pembelian SBN. Dengan demikian, tak ada lagi alasan untuk tidak berinvestasi di SBN Surat Berharga Negara karena repot atau lama. Pastikan Anda membeli SBN di lembaga resmi yang terdaftar OJK seperti https://sbn.most.co.id/Portal/Prime.

Seperti halnya lembaga keuangan resmi dan perusahaan sekuritas aset yang telah menjadi tepercaya, perusahaan fintech yang telah tepercaya juga harus sudah memegang izin dari Bank Indonesia. Setelah memilih produknya, hal berikut yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran dan mengikuti proses pembelian SBN di dalam platform aplikasi tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa investasi reksadana loh, nah tapi perhatikan dulu apa saja yang dibutuhkan untuk investasi reksadana untuk pemula.
Selamat berinvestasi!

Andy N
Andy Nhttps://ponsel.id
SEO & Content Writer | Passionately write every review. Especially travel, tech, hobbies and all the new up and coming things!

Related articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Latest posts