Ciri Kartu SIM Prabayar yang Sudah Berhasil Registrasi

0

Ciri Kartu SIM Prabayar yang Sudah Berhasil Registrasi – Selain sudah mendapat SMS konfirmasi tanda berhasil registrasi, nomor yang sudah berhasil registrasi juga tidak lagi mendapat kiriman SMS notifikasi dari 4444 secara berkala.

Tahun lalu pemerintah melalui Kominfo mewajibkan para pengguna ponsel untuk melakukan registrasi kartu SIM prabayar sesuai dengan nomor KTP dan Kartu Keluarga (KK). Kebijakan yang mulai diberlakukan sejak bulan Oktober 2017 ini akan segera berakhir pada tangal 28 Februari 2018 mendatang. Bagi pengguna kartu SIM prabayar setidaknya masih ada waktu satu minggu lagi, sebelum nomor ponsel Anda diblokir dan tidak bisa digunakan.

Bagi Anda yang belum mendaftarkan kartu SIM, ada tiga cara pendaftaran yang bisa dilakukan. Yakni dengan mengirimkan SMS ke nomor 4444, melalui aplikasi Android atau iOS masing-masing operator seluler atau dengan cara datang langsung ke gerai resmi operator seluler yang Anda gunakan. Pilihan terakhir tersebut bisa digunakan bagi siapa saja yang kebetulan memiliki masalah dengan data nomor KTP atau nomor KK sehingga mengalami kegagalan saat registrasi.

Sedangkan bagi pengguna kartu SIM prabayar yang berusia dibawah 17 tahun dan belum memilik KTP untuk proses registrasi bisa menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor KK. Nomor NIK ini merupakan nomor identitas tiap warga negara Indonesia yang diberikan sejak lahir dan tercantum di dalam kartu keluarga, letaknya berada persis di samping kolom nama.

Sementara itu, bagi Anda yang masih ragu apakah kartu SIM sudah berhasil di registrasikan atau belum, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui hal tersebut. Pertama dengan melihat ciri-ciri SMS yang diterima dari nomor 4444 dan yang kedua dengan cara mengecek langsung ke website resmi operator seluler yang Anda gunakan. Berikut merupakan ciri-ciri kartu SIM prabayar yang sudah berhasil registrasi:

Ciri Kartu SIM Sudah Registrasi

Ciri Kartu SIM Sudah Registrasi
Ciri Kartu SIM Sudah Registrasi

Ciri pertama dari kartu SIM yang sudah berhasil melakukan registrasi yaitu sudah menerima balasan yang menyebutkan bahwa proses registrasi kartu SIM sudah berhasil. SMS ini didapatkan dari nomor 4444 selang beberapa menit setelah melakukan registrasi.

jika Anda menerima balasan SMS salah memasukkan NIK atau masalah data ganda maka registrasi kartu SIM belum berhasil. Salah satu solusinya yaitu bisa datang ke gerai operator seluler terdekat untuk mengisi surat pernyataan dan melakukan pendaftaran secara manual.

Ciri kedua yaitu, kartu SIM yang sudah berhasil didaftarkan tidak lagi dibanjiri dengan SMS peringatan dari nomor 4444 yang dikirimkan secara berkala. Jika nomor Anda masih sering mendapat pesan registrasi dari 4444 maka kartu SIM tersebut belum berhasil teregistrasi dengan benar.

Untuk memastikan jika kartu SIM benar-benar sudah teregistrasi kita juga bisa melakukan pengecekan di website operator yang digunakan. Mulai awal tahun ini tiap operator seluler sudah menyediakan layanan pengecekan melalui beragam cara, baik melalui website, USSD maupun SMS.

Kebijakan Pemerintah

kebijakan pemerintah
kebijakan pemerintah

Kebijakan registrasi kartu SIM prabayar dengan identitas pribadi ini diterapkan oleh pemerintah sebagai salah satu upaya untuk mengurangi angka penipuan, yang marak terjadi akibat terlalu bebasnya penggunaan nomor telepon.

Sebelum kebijakan ini diterapkan sebenarnya pihak operator seluler di Indonesia sudah menerapkan kebijakan registrasi yang hanya bisa dilakukan dengan kartu identitas di counter atau gerai yang ditunjuk, namun tampaknya aturan ini masih belum efektif untuk mengurangi penipuan serta penyebaran berita palsu (hoax).

Setelah masa tenggang registrasi ini berakhir, Kominfo secara bertahap akan melakukan pemblokiran terhadap nomor-nomor yang tidak di registrasikan. Jadi, segeralah melakukan registrasi kartu SIM dan jangan tunggu sampai batas waktu pendaftaran, karena semakin mendekati hari H sistem semakin rawan mengalami kegagalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here