7 Ponsel Jadul Layak Koleksi

0

Ponsel Jadul Layak Koleksi – Mungkin tidak ada yang menyangka jika beberapa ponsel jadul berikut ini ternyata memiliki harga yang lebih tinggi daripada ponsel generasi baru yang kaya fitur. Hal ini salah satunya karena nilai historis yang terkandung dalam ponsel tersebut.

Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang pesat, termasuk juga perkembangan ponsel yang awalnya hanya memiliki kemampuan dasar untuk melakukan panggilan kini ponsel sudah berkembang dengan dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan aktivitas sehari-hari. Bahkan setiap tahun selalu saja muncul inovasi-inovasi baru, mulai dari desain, fitur tambahan, sistem operasi, hingga komponen yang digunakan.

Dampaknya seiring berjalannya waktu ponsel-ponsel produksi lama pun menjadi kurang diminati dan tersingkir dipasaran. Namun tahukah Anda meskipun termasuk dalam ponsel lawas beberapa seri ponsel ini ternyata saat ini memiliki harga tinggi dipasaran, beberapa tipe bahkan termasuk kedalam barang langka yang menjadi buruan kolektor. Berikut ini merupakan daftar tujuh ponsel lawas yang bisa Anda jadikan sebagai barang koleksi yang bisa mendatangkan profit tambahan bagi Anda.

7 Ponsel Jadul Layak Koleksi

  • Motorola DynaTAC

Motorola DynaTAC merupakan model ponsel yang paling jadul di artikel kali ini, ponsel ini diketahui pertama kali dirilis pada tahun 1973 dan mulai populer di era tahun 80an. Dari segi desain ponsel ini dijuluki sebagai ponsel batu bata karena memiliki ukuran besar dan panjang nyaris seukuran batu bata. Meskipun demikian, ponsel ini layak menjadi salah satu koleksi karena nilai sejarah yang terkandung dalamnya.

  • Nokia 8800 Arte Carbon

Salah satu yang membuat ponsel ini spesial adalah dari material bahan serta desain yang digunakan. Dari foto bisa dilihat perpaduan desain antara stainless steel, serat karbon dan juga titanium yang membuat desain ponsel ini terlihat menawan. Ponsel ini merupakan salah satu ponsel unik dengan dilengkapi slider dibagian keypadnya, diperkenalkan pertama kali pada tahun 2008, ponsel yang menggunakan sistem operasi Nokia Seri 40 ini harganya saat ini bisa mencapai USD1.000 atau sekitar Rp13 jutaan dalam kondisi kemasan asli yang masih terawat.

  • Samsung SPH-N270

Hampir sama dengan seri Nokia 8110 yang menjadi barang koleksi berkat kemunculannya dalam sebuah film populer. Samsung SPH-N270 juga populer berkat serial film yang sama pada tahun 2003, Namun ponsel ini bisa dibilang memiliki nilai lebih karena antara ponsel yang muncul di film The Matrik Reloaded dengan ponsel yang dijual dipasaran memiliki fitur yang sama persis sehingga menimbulkan ikatan emosional tersendiri bagi pemilik ponsel ini.

  • Nokia 8110

Dari beberapa seri ponsel lawas Nokia 8110 mungkin merupakan salah satu ponsel yang paling banyak diburu, ponsel yang memiliki desain melengkung seperti pisang ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996 dan menjadi booming ketika ponsel ini muncul di film fenomenal The Matrix pada tahun 1999. Untuk saat ini disitus jual beli Nokia 8110 dalam kondisi terawat bisa dijual hingga USD500 atau sekitar Rp5 jutaan, harga yang cukup fantastis mengingat performa yang dimiliki dari ponsel ini kalah jauh dari ponsel model sekarang dengan harga yang lebih murah.

  • Apple iPhone 2G Generasi Pertama

7 Ponsel Jadul Layak Koleksi
7 Ponsel Jadul Layak Koleksi

Ponsel pertama garapan Apple ini menjadi salah satu penanda sejarah perkembangan ponsel lawas yang ada pada saat itu. iPhone 2G diperkenalkan dengan membawa beberapa kelebihan yang saat itu tidak dimiliki ponsel tipe lain, seperti kemampuan zoom, layar kapasitif, serta cara pengoprasian ponsel yang baru. Ponsel ini juga memiliki layar sentuh multitouch dengan ukuran terbesar pada saat itu.

  • Nokia 808 Pureview

Berbeda dari beberapa ponsel sebelumnya yang memiliki nilai historis sehingga memiliki nilai tinggi serta layak dikoleksi, Nokia 808 Pureview menjadi salah salah satu ponsel yang layak dikoleksi karena inovasi kamera yang ditanamkan pada ponsel ini. Sensor kamera Zeiss sebesar 41MP 1/1.2 inchi dengan bukaan f/2.4 menjadi salah satu pelopor setup kamera ponsel terbaik yang pernah ditanamkan di sebuah ponsel hingga saat ini. Meskipun harganya tidak terlalu fantastis namun ponsel ini masih memiliki harga yang cukup tinggi dengan kisaran harga Rp2 jutaan.

  • Motorola Aura R1

Ponsel yang bisa diputar ini terlihat sangat elegan dengan bentuk layar lingkaran serta ukuran yang pas digenggaman. Ketika pertama kali dirilis pada tahun 2008, banyak yang menjuluki Motorola Aura R1 ini sebagai Rolexnya ponsel, karena memiliki desain premium dengan bodi yang terbuat dari stainless steel dan juga batu safir. Saat ini harga pasar dari ponsel ini bisa mencapai USD1.000 atau sekitar Rp13 jutaan.

Nah, jadi apakah Anda juga tertarik untuk ikut mengkoleksi ponsel-ponsel jadul ini? Atau malah sebelumnya sudah pernah menggunakan salah satu dari ponsel jadul diatas? Yang jelas meskipun sudah sangat ketinggalan dari segi fitur yang ditawarkan, beberapa ponsel tersebut juga memiliki peran besar dari terciptanya ponsel pintar yang ada saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here